Gus Muwafiq: Islam Agama Masa Depan

Advertisement

Gus Muwafiq: Islam Agama Masa Depan

Jumat, 11 Oktober 2019

Menyikapi persoalan radikalisme agama yang saat ini semakin merajalela, Pemerintah Kabupaten Sumenep mengundang KH. Ahmad Muwafiq asal Yogyakarta atau yang lebih akrab dipanggi Gus Muwafiq untuk memberikan ceramah di hadapan masyarakat Sumenep, khususnya kaum nahdliyyin,
Dalam acara tersebut, yaitu pada pada hari Rabu malam, 9/10/2019, pukul 19.00 WIB. di Taman Adipura depan Masjid Jamik Kabupaten Sumenep bertema dengan tema ‘Merawat Keberagaman Meneguhkan NKRI”. Gus Muwafiq kurang lebih 2 jam lebih berbicara tentang Islam Rahmatan Lilalamin, yaitu konsep keislaman yang membawa kedamaian.
“Islam adalah agama masa depan, jangan selalu mundur, mundur, dan mundur,” dauhnya kepada masyarakat Sumenep. Saatnya umat Islam memikirkan perkembangan pengetahuan, ekonomi, teknologi, dan perkembangan-perkembangan lainnya demi kemajuan masyarakat Islam, bukan justru mundur dengan cara menerapkan sistem keagamaan masa lalu di masa sekarang.
Ia juga menjelaskan Islam dari sisi historis. Menurutnya, tuntutan dalam konteks keagamaan di masa lalu dengan masa sekarang sangat jauh berbeda, tidak hanya dari sisi masanya, tetapi juga kondisi kehidupan manusianya. Jadi, tuntutan masa sekarang harus diselasaikan cara sekarang bukan dengan cara masa lalu. Semisal, sekarang jamannya pesawat, bukan unta.
Di tengah keberagaman dan kompleksnya persoalan kehidupan, terutama yang berhubungan dengan kerukunan dalam berbangsa, Gus Muwafiq mengajak kepada masyarakat Sumenep untuk hidup dalam kebersamaan, kebersatuan, dan kedamaian demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Znl